Optimisasi mesin pencari (SEO) sangat penting untuk strategi pemasaran digital perusahaan. Mengoptimalkan website perusahaan kecil adalah tugas yang relatif mudah dikelola. Mengoptimalkan website dengan ribuan halaman dan kata kunci, jauh lebih rumit.

Sebagai perusahaan terkemuka, Anda tidak dapat mengandalkan strategi SEO bisnis kecil dan pasar menengah. Ini karena strategi yang berhasil untuk organisasi kecil mungkin tidak berhasil untuk organisasi yang lebih besar.

Sebaliknya, akan lebih baik jika fokus pada teknik yang lebih canggih untuk meningkatkan peringkat mesin pencari dan kesadaran merek Anda.

Di sinilah SEO Enterprise bisa sangat efektif.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu SEO Enterprise dan bagaimana perbedaannya dari SEO biasa.

Apa itu SEO Enterprise?

SEO Enterprise adalah teknik SEO yang memanfaatkan serangkaian strategi SEO untuk meningkatkan peringkat mesin pencari dan keberadaan organik dari organisasi perusahaan besar.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya didefinisikan sebagai “besar” karena jumlah halaman website mereka daripada jumlah karyawan mereka. Misalnya, di bawah ini adalah jenis website yang mungkin memerlukan SEO Enterprise atau SEO perusahaan:

  1. Fortune 500 dan 1.000 perusahaan
  2. Wevsite web eCommerce besar dengan 10k+ halaman, seperti Amazon
  3. Bisnis dengan banyak lokasi
  4. Perusahaan dengan banyak subdomain dan websute
  5. Bisnis dengan pendapatan tahunan lebih dari $1 miliar
  6. Penerbit media dengan tingkat publikasi tinggi (ribuan artikel)

Teknik SEO enterprise yang umum mencakup penskalaan konten, pengoptimalan cuplikan unggulan, SEO suara, pendekatan E-A-T, manajemen dan otomatisasi SEO teknis yang berkelanjutan.

Lihatlah website GitHub, misalnya. Ini memiliki lebih dari 63 juta halaman yang diindeks di Google. Oleh karena itu, ini adalah jenis website tempat SEO Enterprise bekerja.

Bagaimana SEO Enterprise bisa Berbeda Dari SEO Tradisional?

Saat Anda mengerjakan SEO untuk tantangan perusahaan besar, solusi, jadwal proyek, dan efek dari taktik kecil pun diperkuat. Berikut adalah tujuh hal yang membedakan SEO Enterprise dari jenis SEO lainnya.

1. Jenis Website

Strategi SEO tradisional atau reguler dimanfaatkan oleh usaha kecil atau perusahaan pasar menengah dengan beberapa (atau beberapa ratus) halaman web. Di sisi lain, SEO perusahaan diimplementasikan di website besar atau platform eCommerce yang terdiri dari beberapa ribu hingga satu juta halaman.

Oleh karena itu, masuk akal bahwa teknik SEO yang berfungsi untuk website kecil mungkin tidak memberikan hasil yang sama untuk website yang lebih besar. Tentu saja, banyak dasar SEO tradisional dan perusahaan adalah sama, tetapi situs web besar memiliki banyak lapisan kerumitan tambahan.

2. Penskalaan

Perbedaan signifikan lainnya adalah skala. Saat Anda berurusan dengan ribuan dan bahkan jutaan halaman di sebuah website, strategi SEO Anda harus terukur. Jika tidak, lalu lintas organik situs dan kesadaran merek tidak akan ada bedanya.

Katakanlah, Anda memiliki ribuan produk dengan halaman web individual untuk setiap produk untuk dioptimalkan. Anda perlu membuat banyak konten untuk setiap kategori dan halaman produk. Selain itu, Anda perlu menemukan kata kunci yang kompetitif untuk diberi peringkat dan memberikan pedoman kepada penulis Anda untuk membuat konten yang ramah SEO kata kunci primer dan sekunder apa yang harus disertakan, tip tentang teks alternatif gambar, termasuk cuplikan dan banyak lagi.

Selanjutnya, pendekatan tautan internal berbeda di kedua jenis. Di situs kecil, menautkan beberapa halaman secara internal dapat berdampak positif pada peringkat pencarian Anda. Tetapi beberapa tautan internal tidak akan berfungsi di situs web besar dengan jutaan halaman. Anda mungkin ingin mengatur struktur situs ramah SEO yang secara otomatis menghasilkan tautan internal antara halaman web yang berbeda.

Apa pun yang Anda putuskan untuk dilakukan, meningkatkan setiap halaman secara manual atau tanpa otomatisasi untuk situs perusahaan besar, bisa sangat menakutkan. Di sinilah scaling up dapat membantu.

Untuk menerapkannya dengan sukses, Anda memerlukan tim profesional berdedikasi yang bekerja di berbagai bidang pemasaran digital, seperti konten, desain, PR, media sosial, dan branding, untuk meningkatkan produksi konten. Anda juga memerlukan tim SEO ahli untuk menemukan kata kunci baru dan mengirimkannya ke tim pemasaran konten.

Tidak hanya itu, tetapi terkadang peningkatan juga berarti menyiapkan seluruh departemen, seperti departemen pemasaran konten, dan memanfaatkan sistem dan perangkat lunak untuk memastikan mereka membuat konten berkualitas tinggi secara teratur.

3. Alat SEO

Banyak alat SEO tersedia, tetapi tidak semua dapat mengelola kompleksitas website perusahaan besar. Di sinilah alat SEO perusahaan dapat membantu. Menggunakan alat SEO perusahaan dapat membantu Anda dengan:

  • Meningkatkan produktivitas tim pemasaran pencarian organik
  • Mengidentifikasi kata kunci baru
  • Melacak kinerja
  • Analisis kompetitif
  • Mengoptimalkan dan menskalakan pembuatan konten
  • Mengintegrasikan alat analitik
  • Pelaporan dan pengelolaan backlink
  • Komunikasi yang efisien antar departemen yang berbeda
  • Analisis teknis mulai dari perayapan hingga konversi.

Berbagai platform SEO seperti Ahrefs dan SEMrush menyediakan paket khusus untuk klien perusahaan. Misalnya, paket perusahaan Ahrefs, yang dikenal sebagai paket “Agensi”, menawarkan alat dan data berharga untuk setiap anggota tim – mulai dari pemasar konten hingga penasihat SEO Anda.

Selanjutnya, ia hadir dengan 10 ribu kata kunci yang dilacak, 2,5 juta kredit perayapan per bulan dan penelitian domain 7 ribu per minggu.

Ingat: Alat SEO perusahaan apa pun yang Anda pilih, pastikan itu bagus untuk proyek skala besar dan dapat dengan mudah diskalakan seiring pertumbuhan bisnis Anda.

4. Penggunaan Kata Kunci

Strategi SEO tradisional biasanya menargetkan kata kunci ekor panjang dengan sedikit persaingan. Namun, taktik ini tidak akan selalu berhasil untuk Anda jika Anda adalah organisasi besar.

Salah satu hal terbesar tentang SEO perusahaan adalah fokusnya pada kata kunci berekor pendek dan sangat kompetitif. Itu karena banyak website berskala besar memiliki otoritas domain yang tinggi lagi pula, mereka adalah merek besar.

Misalnya, Booking.com tidak memanfaatkan teknik pemasaran konten apa pun tetapi masih memiliki lebih dari 1,8 miliar backlink dari 293,5 ribu domain. Jadi, bahkan jika mereka ingin memulai dengan pemasaran konten, mereka masih memiliki keunggulan atas pesaing kecil mereka.

Mengapa? Karena algoritma Google lebih memilih website dengan jumlah backlink yang tinggi. Dan oleh karena itu, situs dengan otoritas domain (DA) tinggi lebih cenderung berperingkat di atas situs dengan DA lebih rendah.

Oleh karena itu, masuk akal jika situs web yang lebih besar menargetkan kata kunci yang sangat kompetitif dibandingkan dengan yang berekor panjang.

5. Beberapa Lokasi

Perusahaan kecil bertujuan untuk meningkatkan hasil pencarian website mereka dengan menjual produk dan layanan secara lokal. Oleh karena itu masuk akal bahwa memanfaatkan praktik SEO tradisional dapat bekerja dengan baik di sini.

Di sisi lain, SEO perusahaan berfokus pada bisnis yang lebih besar dengan banyak lokasi di berbagai negara, beberapa situs yang memerlukan strategi mereka sendiri, dan beberapa subdomain yang menampung kategori konten yang berbeda.

Oleh karena itu, untuk perusahaan perusahaan, Anda harus fokus membuat konten khusus lokasi yang konsisten dengan merek mereka dan mendorong konversi.

Jadi, itu memfokuskan upaya SEO-nya pada pengoptimalan “dekat saya” dan pencarian suara, yang menghasilkan peningkatan 30% dalam visibilitas organik jika dibandingkan dengan dua pesaing terbesarnya.

6. Dukungan Tim

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi SEO Enterprise yang tidak ada pada bisnis kecil adalah memastikan integrasi yang mulus antar tim untuk memaksimalkan dampak. Ini berarti memastikan bahwa banyak tim bekerja menuju tujuan bersama. Tetapi karena semua tim memiliki tujuan mereka sendiri, mendapatkan persetujuan atas perubahan tertentu dalam jangka waktu yang wajar dalam departemen Anda menjadi sulit.

Misalnya, Anda adalah agen pemasaran yang menangani SEO perusahaan perusahaan, dan Anda melihat bahwa beberapa halaman web memiliki beberapa tag H1. Ini bukan sesuatu yang dapat menurunkan SEO website Anda, tetapi selalu disarankan untuk memperbaikinya.

Jadi, Anda menghubungi pengembang website melalui email, “Hai Charles, saya perhatikan bahwa halaman produk Anda memiliki lebih dari satu tag H1. Bisakah Anda memperbaikinya? Terima kasih.”

Biasanya, pengembang dapat dengan cepat memperbaiki masalah seperti itu. Namun terkadang, mereka memerlukan persetujuan dari orang-orang di departemen yang berbeda, seperti pengembangan, konten, desain, dan SEO.

Dan itu hanya mengubah tag H1. Bayangkan jika Anda ingin mengubah struktur situs menjadi lebih SEO friendly. Biasanya akan memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk persetujuan. Dan meskipun begitu, tidak ada jaminan bahwa mereka akan bertindak atas rekomendasi Anda.

Singkatnya, SEO perusahaan bukan hanya tentang mengoptimalkan ribuan halaman web atau meningkatkan upaya Anda. Agar saran SEO Anda dapat diterapkan, Anda perlu mendapatkan dukungan dari anggota tim tertentu di berbagai departemen.

7. Kemampuan untuk dirayapi dan diindeks

Kemampuan perayapan dan kemampuan indeks adalah faktor SEO teknis penting yang dapat membuat atau menghancurkan visibilitas situs Anda, terlepas dari konten berharga atau profil tautan balik Anda. Dan saat Anda bekerja dengan ribuan halaman situs, itu bisa menjadi masalah.

Untuk website yang lebih kecil, Anda tidak perlu khawatir tentang faktor-faktor ini karena dapat diperbaiki dengan cepat. Namun, situs besar dapat menjadi tantangan untuk dirayapi dan diindeks jika anggaran perayapan tidak ditingkatkan. Belum lagi masalah kanonikalisasi, duplikat konten, masalah kanibalisasi kata kunci, halaman yatim piatu dan banyak lagi.

Kesimpulan

SEO Enterprise adalah masa depan bagi organisasi besar. Dilakukan dengan baik, ini dapat membantu merek menjadi pemimpin dalam industri mereka. Dan jika tidak dijalankan dengan benar, dapat merusak reputasi dan keuntungan mereka.

Tentu, website perusahaan tidak perlu khawatir tentang pengenalan nama. Namun, untuk melindungi otoritas domain dan tautan balik mereka sambil terus memperbarui konten di ribuan halaman web, memiliki tim ahli SEO yang berdedikasi dan canggih adalah suatu keharusan.

Author

Founder Tanya Digital Marketing Agency dan Founder Digitademy (Digital Marketing Academy) Kursus online yang memulai pengalaman sebagai Digital Marketing Manager dan sebagai SEO Specialist sejak 2008 dan menjadi SEO Specialist Profesional di tahun 2013 di beberapa perusahaan ternama di Bali, Jakarta dan Surabaya hingga saat ini.

Write A Comment