Apakah Anda perlu menambahkan nofollow link di menu navigasi WordPress Anda?

Banyak pemilik website lebih suka menambahkan tag nofollow ke eksternal link, tetapi masih banyak pemula mungkin menganggapnya sulit saat menambahkan link khusus ke menu.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan link nofollow di menu navigasi WordPress.

Mengapa Menambahkan Tautan Nofollow di Menu Navigasi WordPress?

Jika Anda menjalankan website WordPress, Anda mungkin ingin menambahkan tag nofollow saat membuat tautan eksternal. Ini memungkinkan mesin pencari mengetahui untuk tidak meneruskan otoritas link apa pun dari halaman Anda ke website lain yang Anda tautkan.

Saat Anda menautkan ke web eksternal, mesin pencari menganggapnya sebagai sinyal peringkat, dan mereka akan meneruskan sebagian kecil otoritas Anda ke website lain. Sebagai aturan SEO umum, Anda harus menambahkan nofollow ke semua website eksternal yang tidak Anda percayai.

Anda melakukannya dengan menambahkan atribut rel=”nofollow” ke tautan seperti ini:

<a href="https://websiteanda.com" rel="nofollow">Contoh</a>


Anda dapat mempelajari lebih lanjut di panduan pemula kami tentang cara menambahkan tautan nofollow di WordPress. Namun, menambahkan tautan nofollow ke item menu navigasi sedikit berbeda dan dapat membingungkan bagi pemula.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan tautan nofollow di menu navigasi WordPress. Kami akan membahas dua metode, dan metode kedua adalah untuk mereka yang menggunakan WordPress 5.9 atau lebih tinggi dan tema yang kompatibel dengan editor tema baru.

Metode 1: Menambahkan Link Nofollow Menggunakan Editor Menu WordPress
Untuk memulai, cukup kunjungi Appearance » Menus di area admin WordPress Anda.

Pertama, Anda perlu menambahkan link eksternal ke menu navigasi WordPress Anda sama seperti Anda menambahkan link khusus apa pun.

Untuk melakukannya, Anda perlu mengklik tab ‘Custom Links’ sehingga Anda dapat melihat opsi URL dan link text. Cukup masukkan URL dan link text dari website yang Anda tautkan.

Setelah itu, Anda harus mengklik tombol ‘‘Add to Menu’ dan tautan akan ditambahkan ke kolom ‘Menu structure’.

Untuk menambahkan atribut nofollow ke tautan, Anda perlu mengklik panah ke bawah di sebelah kanan entri menu, seperti yang digambarkan pada tangkapan layar di atas. Sekarang Anda dapat melihat detail tautan eksternal yang baru saja Anda tambahkan, termasuk URL dan label navigasi.

Jika Anda tidak melihat opsi Target Tautan dan Hubungan Tautan, maka Anda harus menambahkannya.

Untuk menampilkan opsi tersebut, Anda perlu mengklik tombol ‘Screen Options’ di sudut kanan atas layar. Kemudian centang kotak di sebelah opsi Link Target dan Link Relationship (XFN).

Selanjutnya scroll kembali ke bawah ke item menu yang diperluas, dan Anda akan melihat dua opsi baru. Selanjutnya, cukup masukkan nofollow di bidang hubungan tautan.

Sebaiknya Anda juga mengeklik kotak centang ‘Open link in a new tab’ saat menambahkan external link. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan mencegah pengunjung meninggalkan website Anda.

Terakhir, klik tombol ‘Save Menu’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Anda sekarang dapat melihat preview website Anda untuk melihat entri menu nofollow yang baru.

Mari kita pastikan bahwa atribut nofollow telah ditambahkan ke link menu.

Cukup klik kanan tautan baru dan pilih Inspect’. Jendela browser Anda akan terbagi menjadi dua jendela. Di jendela bawah, Anda akan dapat melihat sumber HTML untuk tautan Anda. Ini akan menampilkan atribut nofollow dengan tautan Anda.

Metode 2: Menambahkan Link Nofollow Menggunakan Editor Tema WordPress
Metode ini untuk mereka yang menggunakan WordPress 5.9 atau lebih baru dan memiliki tema yang mendukung editor tema WordPress baru. Dalam hal ini, Appearance » Menus halaman tidak akan tersedia untuk Anda.

Sebagai gantinya, Anda harus menavigasi ke Appearance » Editor di dashboard WordPress Anda. Ini akan membuka editor tema WordPress.

Jika Anda perlu menambahkan item menu baru, Anda harus mengklik ikon Block Inserter berwarna biru di sudut kiri atas. Selanjutnya, Anda harus menggulir ke bawah hingga Anda menemukan Custom Link block dan kemudian menyeretnya ke menu navigasi Anda.

Anda sekarang dapat mengetik atau menempelkan URL. Jika mau, Anda juga dapat mengaktifkan opsi ‘Buka di tab baru’ ke posisi aktif. Setelah itu, pastikan Anda mengklik ikon Kirim di kanan atas popup sehingga pengaturan item menu disimpan.

BACA JUGA : Apa itu Nofollow dan Dofollow Link: Cara Menambahkan

URL tautan akan ditambahkan ke menu, tetapi Anda biasanya menginginkan sesuatu yang lebih deskriptif, seperti nama website. Cukup mulai mengetik untuk mengganti nama item menu.

Menambahkan Atribut Nofollow ke Tautan

Untuk menambahkan atribut nofollow ke item menu, cukup klik dan toolbar akan muncul.

Selanjutnya Anda perlu mengklik ikon tautan pada bilah alat itu. Di panel pengaturan di sebelah kanan, Anda harus memasukkan nofollow di bidang hubungan tautan (‘Tautan rel’).

Jika mau, Anda juga dapat menambahkan deskripsi dan judul untuk link, dan menyusun ulang item menu menggunakan icon panah pada toolbar.

Setelah selesai, klik tombol ‘Save’ di bagian atas layar. Tautan khusus baru akan ditambahkan dan Anda dapat mengunjungi website Anda untuk melihat tampilan menu navigasi Anda sekarang.

Author

Founder Tanya Digital Marketing Agency dan Founder Digitademy (Digital Marketing Academy) Kursus online yang memulai pengalaman sebagai Digital Marketing Manager dan sebagai SEO Specialist sejak 2008 dan menjadi SEO Specialist Profesional di tahun 2013 di beberapa perusahaan ternama di Bali, Jakarta dan Surabaya hingga saat ini.

Write A Comment