Mengabaikan untuk menetapkan lokasi yang ditargetkan atau lupa untuk menetapkan lokasi penargetan yang tepat untuk kampanye Google Ads adalah kesalahan umum yang sering dilakukan.

Tanpa penargetan lokasi, Anda akan menarik lalu lintas website yang kurang ideal dan tidak efektif menggunakan pembelanjaan iklan Anda pada calon pelanggan yang kemungkinan besar tidak akan menjadi prospek yang memenuhi syarat. Jika Anda tidak menentukan target lokasi, Google Ads akan menetapkan semua negara dan wilayah ke kampanye Anda secara default yang akan menghasilkan iklan yang sia-sia.

Cara memilih setelan lokasi Anda selama penyiapan kampanye

Sebelum mengetahui lebih detail cara mengatur penargetan lokasi google ads, mari kita cari tau dimana memilih setelah lokasi untuk persiapakan kampanye. Saat Anda pertama kali membuat kampanye baru, Google akan menanyakan lokasi yang akan ditargetkan. Pastikan untuk menangani setelan lokasi yang paling penting terlebih dahulu sebelum beralih ke penargetan lokasi terperinci untuk Google Ads.

Setelan penargetan yang disarankan Google berarti bahwa siapa pun yang menelusuri salah satu target lokasi Anda juga berhak melihat iklan Anda. Menggunakan setelan ini membuat Anda berisiko menampilkan iklan di lebih banyak tempat daripada yang dimaksudkan.

Jadi, pilihan yang saya rekomendasikan adalah “Kehadiran: Orang-orang di atau secara teratur di lokasi yang Anda targetkan.” Setelan ini membantu Anda menarik orang di Amerika Serikat atau memilih area yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda.

Dalam beberapa kasus, pengaturan “disarankan” adalah opsi yang layak, seperti dengan contoh berikut:

  • Seseorang yang berlokasi di Jakara yang sedang merencanakan liburan ke Miami (sering mencari tempat wisata di Bali).

Untuk “Exclude”, pengaturan yang disarankan di sini aman digunakan.

Sekarang kita dapat melanjutkan untuk memilih penargetan lokasi kita!

Cara memilih setelan lokasi yang sesuai untuk kampanye Anda

Ada beberapa opsi untuk menetapkan lokasi target, jadi bagaimana Anda memilih yang tepat?

Opsi penargetan lokasi berkisar dari area yang luas seperti negara dan hingga ke area yang sangat terperinci seperti kode pos atau lingkungan. Berikut adalah daftar lengkap kemampuannya:

  • Airport
  • Borough
  • City Regions
  • Congressional District
  • Country
  • County
  • District
  • Municipality
  • National Park
  • Neighborhood
  • Postal Code
  • Region
  • State
  • TV Region (Nielsen DMA)
  • University

Berikut ini adalah cara mengatur penargetan lokasi Google Ads:

1. Pemilihan manual

Cara mengatur penargetan lokasi google ads yang pertama adalah dengan cara pemilihan manual. Anda mungkin memiliki gagasan tentang area yang ingin Anda targetkan tetapi juga terbuka untuk gagasan tambahan. Jika demikian, pilih tombol “Lokasi” dan ketik area mana saja di bilah pencarian. Ini akan otomatis mengisi setiap lokasi yang cocok dengan pencarian Anda.

Dari sana, Anda dapat memilih “Target” untuk menyertakan lokasi tersebut dalam penargetan kampanye Anda.

Ada juga opsi “terdekat”, yang membantu Anda menarik lokasi sekitar berdasarkan pencarian Anda. Untuk menggunakan salah satu lokasi “terdekat” tersebut, centang kotak di sebelah kiri lokasi untuk menambahkannya ke penargetan Anda.

BACA JUGA : 7 KPI PPC untuk bisnis yang dapat di Lacak dan di Analisa

2. Penargetan radius

Klik tombol “Radius”. Ini memungkinkan Anda untuk memasukkan lokasi atau lokasi dan menentukan jarak di sekitar tempat tujuan Anda, juga dikenal sebagai penargetan kedekatan.

Masukkan opsi lokasi apa pun ke dalam kotak dari daftar opsi lokasi berpoin di atas (kota, kode pos, negara bagian, dll.). Daftar akan terisi otomatis di bawah yang cocok dengan area mana pun yang sesuai dengan pencarian awal Anda.

Pilih yang Anda inginkan dengan mengklik “Target” di sebelah kanan lokasi dalam daftar. Pemilihan ini menjadi lokasi awal. Kemudian tentukan berapa banyak area sekitar yang ingin Anda sertakan dengan menambahkan angka di bidang di sebelah kanan.

Kemudian Anda akan menggunakan menu tarik-turun untuk memilih mil atau kilometer untuk menyelesaikan lokasi dan radius yang ingin Anda targetkan. Google Ads juga menyediakan bagan yang berguna dengan lingkaran radius untuk memastikan Anda menyertakan semua lokasi yang diinginkan.

Perlu menarik kembali area tersebut? Kurangi jarak tempuh atau kilometer yang awalnya Anda masukkan.

Perlu memperluas lebih jauh? Cukup tingkatkan jarak tempuh atau jumlah kilometer dan perhatikan radius peta menyesuaikan dengan area yang Anda inginkan.

Jangan ragu untuk memperbesar atau memperkecil peta untuk membantu mempersempit pencarian Anda. Untuk menyelesaikan penargetan lokasi Anda, klik “Simpan” di bagian bawah layar.

3. Entri lokasi massal

Opsi terakhir untuk menambahkan penargetan lokasi ke kampanye Anda adalah menggunakan metode masukan massal. Anda dapat memasukkan atau menempelkan sejumlah besar area yang telah ditentukan sebelumnya untuk ditargetkan atau dikecualikan dengan opsi ini.

Opsi massal hanya tersedia ketika tombol radio “Lokasi” dipilih. Anda tidak dapat menambahkan lokasi radius secara massal saat ini. Untuk menggunakan opsi masukan massal, pastikan untuk mencentang kotak “Tambahkan lokasi secara massal”.

Jika Anda ingin menargetkan seluruh Amerika Serikat, Anda dapat menambahkan “Amerika Serikat” sebagai lokasi pada awalnya, kemudian menunggu data lokasi terisi dari kampanye Anda dan mengoptimalkan berdasarkan kinerja.

Katakanlah Anda ingin memulai dengan area tertentu yang sudah Anda ketahui sebagai lokasi berkinerja terbaik untuk bisnis Anda. Anda dapat menempelkan status tersebut ke dalam kotak teks untuk mulai menargetkan area tersebut.

Saat Anda memasukkan daftar lokasi di bidang lokasi massal, lalu klik tombol “Cari” berwarna biru. Ini menampilkan “Lokasi yang Cocok” dari daftar awal Anda, di mana Anda dapat dengan mudah memilih “Targetkan Semua” atau satu per satu lokasi “Target”.

Tidak yakin seperti apa tampilan penargetan ini? Berikut adalah contoh penerapan penargetan lokasi:

  • Negara bagian wilayah New England penting untuk kampanye Anda, jadi Anda menargetkan Massachusetts, Connecticut, Rhode Island, dan negara bagian lainnya dengan setelan penargetan lokasi Anda.
  • Selain New England, Anda ingin memperluas target negara bagian di Midwest. Akibatnya, Anda menambahkan negara bagian di Midwest ke lokasi target Anda dan menyesuaikan jumlah tawaran Anda agar lebih kompetitif.
  • Anda tidak ingin menyertakan negara bagian Pantai Barat untuk memulai, jadi Anda menetapkan pengecualian untuk negara bagian seperti California, Oregon, dan Washington.

Bonus Tips: Pertimbangkan anggaran harian dan bulanan Anda saat memilih lokasi target. Memilih terlalu besar atau luas untuk lokasi yang Anda pilih dapat membuat anggaran Anda menipis. Yang terbaik adalah memulai di mana Anda berada dan area sekitarnya dan memperluas lebih jauh jika anggaran Anda tidak sepenuhnya digunakan setiap bulan.

Cara mengecualikan lokasi

Saat Anda berada di jendela yang sama, Anda juga dapat menambahkan lokasi yang tidak ingin Anda targetkan secara massal. Jangan biarkan setelan pengecualian Google default yang telah kami tetapkan sebelumnya di penyiapan kami. Anda ingin menetapkan pengecualian Anda sendiri untuk memberi Anda kendali atas anggaran dan tempat yang Anda targetkan.

Masukkan lokasi Anda di kotak teks dan klik tombol pencarian biru untuk memunculkan lokasi yang Anda inginkan untuk dikecualikan. Dalam hal ini, Anda dapat memilih “Exclude All” atau “Exclude” berdasarkan lokasi.

Setelah selesai menambahkan dan mengecualikan lokasi, klik tombol biru “Simpan” di bagian bawah halaman untuk menyelesaikan penyiapan lokasi Anda, dan Anda siap untuk melanjutkan!

Cara melihat di mana iklan Anda muncul di kampanye yang ada

Ada dua cara untuk menganalisis di mana iklan Anda muncul.

Lokasi yang cocok

Buka “Lokasi” di menu sebelah kiri untuk melihat data lokasi Anda. Ada dropdown kecil di kanan atas grafik. Pilih “Lokasi yang cocok”.

Di sini Anda dapat melihat di mana Anda dapat membandingkan penargetan lokasi Anda dengan tempat iklan Anda muncul. Lihat area yang tidak Anda inginkan? Tambahkan mereka sebagai lokasi yang dikecualikan untuk menghilangkan iklan Anda agar tidak tampil di sana di masa mendatang.

Buat laporan khusus

Untuk membuat laporan khusus, di bagian atas layar di bilah abu-abu gelap, pilih Laporan.

Pilih gaya laporan “tabel” dan beri nama laporan Anda seperti “Pelaporan Lokasi Pengguna”.

Kemudian buat laporan Anda menggunakan tarik-turun “Metrik dan dimensi penelusuran” di sisi kanan halaman.

Setelah selesai menarik kolom pelaporan Anda, Anda akan mendapatkan laporan yang terlihat seperti di bawah ini. Jangan lupa untuk memilih rentang tanggal yang Anda inginkan.

Sekarang Anda dapat dengan mudah melihat di mana iklan Anda muncul. Dengan informasi ini, Anda dapat:

  • Temukan lokasi untuk ditambahkan sebagai negatif/pengecualian
  • Lihat lokasi konversi teratas yang mungkin ingin Anda tambahkan peningkatan tawaran untuk menjadi lebih kompetitif di area tersebut dan mendorong lebih banyak prospek
  • Identifikasi area tayangan tinggi yang tidak menghasilkan klik atau konversi iklan

Cara mengedit lokasi untuk kampanye yang ada

Untuk mengedit lokasi di kampanye yang ada, pilih kampanye yang ingin Anda edit, lalu klik lokasi di bilah sisi abu-abu dan ikon lingkaran pensil biru untuk diedit. Kemudian ikuti petunjuknya.

Dengan sedikit peringatan, saat memasukkan pengecualian, Anda tidak memiliki opsi massal seperti yang Anda lakukan saat menyiapkan kampanye. Anda hanya dapat memasukkannya satu per satu dari bidang teks “Batasi lokasi dalam negara (opsional)”.

BACA JUGA Apa itu PPC Report? Semua Tentang Laporan PPC

3 tips untuk melakukan penargetan lokasi Google Ads dengan benar

Jika Anda ingin berhasil menyiapkan penargetan lokasi untuk Google Ads, lihat tiga tips ini!

1. Masukkan lokasi secara massal dengan perubahan yang akan Anda buat

Jika Anda memiliki penyiapan lokasi tersegmentasi seperti contoh di atas, sebaiknya selesaikan penyiapan Anda dengan cara ini. Tambahkan lokasi mana pun yang Anda miliki penyesuaian atau penurunan tawarannya terlebih dahulu, lalu simpan.

Setelah menyimpan, ini akan membawa Anda ke daftar lokasi yang ditargetkan, tempat Anda dapat dengan mudah menambahkan kenaikan atau penurunan tawaran dengan memilih semua lokasi. Setelah selesai dengan penyesuaian tawaran Anda, pastikan untuk menyimpan. Kemudian Anda dapat masuk kembali dan menyelesaikan penambahan lokasi yang ditargetkan atau dikecualikan karena tidak memerlukan perubahan lain.

Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah memilih wilayah yang memerlukan penyesuaian. Jika Anda menambahkan semuanya sekaligus, Anda harus bekerja dari seluruh daftar lokasi yang ditargetkan, dan perlu sedikit waktu ekstra untuk memilah-milah daftar dan memeriksa setiap wilayah untuk membuat penyesuaian tawaran.

2. Gunakan Google Trends untuk mengidentifikasi lokasi tambahan

Punya gagasan tentang lokasi berkinerja terbaik untuk bisnis Anda tetapi ingin menjelajahi tempat orang-orang menunjukkan minat ekstra pada produk atau layanan Anda yang awalnya tidak Anda sadari? Gunakan Google Trends!

Ketik produk atau layanan Anda di bilah pencarian dan lihat lokasi mana yang paling diminati. Anda bahkan dapat mengubah “subregion” dari data hasil menjadi granular atau seluas yang Anda inginkan!

3. Selalu tinjau sebelum menyimpan

Selalu tinjau daftar sebelum Anda menggunakan “Targetkan Semua”. Menggunakan hanya “Georgia” saja sebagai lokasi dapat mengambil baik negara bagian Georgia atau negara bagian Georgia.

Jika Anda memilih “Targetkan Semua” tanpa meninjau, coba perkecil peta untuk memastikan tidak ada area lain yang disorot dengan warna biru (ditargetkan) atau disorot dengan warna merah (dikecualikan). Mengambil langkah ini memastikan Anda menambahkan dan menghapus lokasi yang tepat dari penargetan Anda.

Semoga tips cara mengatur penargetan lokasi Google Ads ini bisa membantu Anda.

Author

Founder Tanya Digital Marketing Agency dan Founder Digitademy (Digital Marketing Academy) Kursus online yang memulai pengalaman sebagai Digital Marketing Manager dan sebagai SEO Specialist sejak 2008 dan menjadi SEO Specialist Profesional di tahun 2013 di beberapa perusahaan ternama di Bali, Jakarta dan Surabaya hingga saat ini.

Write A Comment