Tahukah Anda bahwa 79% pemasar mengatakan bahwa perolehan prospek adalah tujuan nomor satu mereka? Dan 55% pemasar mengatakan bahwa menemukan prospek yang berubah menjadi pelanggan dan klien adalah salah satu tantangan terbesar mereka dalam menghasilkan prospek baru.

Menghasilkan dan mengonversi prospek adalah kunci Anda untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan dan mencapai pertumbuhan bisnis yang sukses. Tetapi bagaimana Anda berhasil menghasilkan prospek yang akan dikonversi menjadi pelanggan dan klien?

Mengetahui berbagai jenis prospek penjualan dan cara mengonversinya adalah solusi Anda. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis prospek dalam penjualan dan bagaimana Anda dapat berhasil mengubah prospek tersebut menjadi pendapatan!

Apa itu Sales Leads atau Prospek Penjualan?

Prospek penjualan adalah orang-orang yang sesuai dengan profil pelanggan ideal Anda atau menunjukkan minat pada bisnis, produk, atau layanan Anda. Dengan kata lain, prospek penjualan adalah pelanggan atau klien potensial.

Prospek dapat menunjukkan minat pada merek Anda dalam beberapa cara. Misalnya, mereka dapat:

  • Isi formulir kontak Anda
  • Minta penawaran atau demo gratis
  • Daftar untuk email Anda

Ada berbagai jenis lead dalam penjualan. Jenis prospek yang Anda hasilkan bergantung pada interaksi prospek Anda dan bagaimana mereka menyatakan minatnya pada bisnis Anda.

Berhasil memelihara prospek ini dengan memberi mereka informasi yang mereka butuhkan pada waktu yang tepat sangat penting untuk meningkatkan konversi dan penjualan Anda.

Di bagian selanjutnya, kita akan membahas 6 jenis leads penjualan dan contoh prospek penjualan dan cara mengonversi masing-masing.

6 jenis Sales Leads yang berbeda dan cara mengonversinya

Ada enam jenis prospek yang dapat Anda hasilkan untuk perusahaan Anda. Anda harus berhasil mengubah prospek ini menjadi pelanggan dan klien untuk mendorong penjualan dan pendapatan secara terus-menerus.

Jenis prospek penjualan yang akan saya bahas meliputi:

  • Prospek panas
  • Petunjuk hangat
  • Petunjuk dingin

Prospek yang memenuhi syarat informasi (Information qualified leads (IQL) )
Prospek yang memenuhi syarat penjualan (Sales qualified leads (SQL))
Memasarkan prospek yang memenuhi syarat (Marketing qualified leads (MQL))

Berikut adalah enam contoh leads penjualan atau prospek penjualan dan cara mengonversinya:

1. Hot Leads

Jenis leads penjualan yang pertama adalah Hot Leads Prospek panas atau Hot Leads telah secara eksplisit menunjukkan minat pada perusahaan Anda atau produk dan layanan Anda. Mereka mungkin meminta demo gratis produk Anda atau menghubungi tim penjualan Anda.

Dalam kebanyakan kasus, prospek panas telah menyatakan titik sakit yang dapat diselesaikan bisnis Anda untuk mereka dan biasanya sesuai dengan profil pelanggan ideal atau audiens target Anda.

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Lead Generation Dengan SEO Lokal

Bagaimana mengkonversi hot leads

Untuk mengonversi timah panas, Anda dapat:

  • Minta tim penjualan Anda menjadwalkan panggilan atau promosi
  • Berikan prospek Anda uji coba gratis produk atau layanan Anda
  • Tunjukkan manfaat bermitra dengan bisnis Anda

Sementara prospek panas sudah menyatakan minatnya pada produk dan layanan Anda, mereka juga bisa menjajaki pesaing Anda. Menanggapi prospek panas Anda sesegera mungkin sangat penting untuk memastikan minat mereka tidak goyah.

2. Warm Leads

Jenis leads penjualan yang kedua adalah Warm Leads. Warm Leads adalah orang-orang yang sudah terbiasa dengan cara kerja bisnis Anda dan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Meskipun mereka mungkin tidak secara aktif menyatakan minat pada merek Anda dengan menghubungi Anda secara langsung, mereka biasanya membaca posting blog dan email Anda atau mengikuti Anda di media sosial.

Mereka mungkin sebelumnya telah menyatakan minatnya di masa lalu tetapi memutuskan untuk tidak menindaklanjutinya.

Bagaimana mengkonversi warm leads

Anda dapat mengubah prospek hangat menjadi pelanggan dan klien dengan:

  • Mengirimi mereka email yang merinci produk atau layanan yang mungkin menarik bagi mereka
  • Menyertakan ajakan bertindak (CTA) di postingan blog dan email Anda untuk mendorong mereka menghubungi Anda atau membeli produk
  • Meminta tim penjualan Anda untuk menjadwalkan pertemuan untuk mengobrol tentang bagaimana produk dan layanan Anda dapat memecahkan masalah mereka jika Anda sebelumnya pernah berbicara dengan pemimpin tersebut

Prospek yang hangat adalah salah satu contoh terbaik dari prospek penjualan yang lebih mudah dikonversi karena mereka telah menunjukkan minat pada bisnis Anda.

3. Cold Leads

Jenis prospek penjualan selanjutnya adalah Col Leads atau Prospek Dingin. Berikutnya dalam daftar berbagai jenis prospek penjualan kami adalah prospek dingin. Cold lead adalah orang-orang yang belum menunjukkan minat pada bisnis Anda tetapi sesuai dengan profil pelanggan ideal Anda.

Dalam kebanyakan kasus, Anda menghasilkan prospek ini melalui penelitian Anda sendiri. Karena mereka cocok dengan audiens target Anda, prospek dingin mewakili penjualan dan pelanggan potensial untuk bisnis Anda.

Bagaimana mengkonversi cold leads

Anda dapat mengonversi timah dingin dengan:

  • Mengirim serangkaian email atau kampanye tetes
  • Menelepon mereka untuk mendiskusikan manfaat bermitra dengan bisnis Anda dan bagaimana produk dan layanan Anda mengurangi masalah mereka
  • Pelihara mereka dengan membagikan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda melalui posting blog, email, dan media sosial

Cold Leads adalah salah satu jenis prospek paling sulit dalam penjualan untuk dikonversi. Namun, menguasai cara mengubahnya menjadi pelanggan setia adalah kunci untuk mengembangkan bisnis Anda.

4. Informasi prospek yang memenuhi syarat (Information qualified leads (IQL))

IQL adalah orang yang mulai meneliti solusi untuk masalah atau pertanyaan mereka. Mereka mungkin menunjukkan minat pada merek Anda dengan mengunduh panduan gratis atau mendaftar ke buletin email Anda.

Cara mengonversi informasi prospek yang memenuhi syarat (IQL)

Anda dapat mengonversi IQL dengan:

  • Menyertakan CTA yang menarik perhatian di email, postingan blog, dan panduan Anda
  • Berbagi informasi penting tentang bisnis, produk, atau layanan Anda di buletin email Anda
  • Memamerkan keahlian dan pengetahuan industri Anda dalam posting dan panduan blog Anda
  • Membuat konten berkualitas tinggi yang menjawab pertanyaan mereka dan memberi mereka solusi
  • Personalisasi pengalaman situs web mereka dengan mempelajari minat dan kebutuhan unik mereka

IQL ingin tahu bagaimana produk atau layanan Anda menyediakan solusi yang mereka butuhkan. Menerapkan pesan pemasaran yang dipersonalisasi dan berbagi lebih banyak informasi tentang bisnis Anda melalui email, panduan, dan posting blog adalah cara terbaik untuk mengonversi jenis prospek penjualan ini.

5. Penjualan prospek yang memenuhi syarat (Sales qualified leads (SQL))

Berikutnya pada daftar jenis prospek dalam penjualan adalah SQL. SQL adalah seseorang yang oleh tim penjualan Anda dianggap sebagai pemimpin yang memenuhi syarat. Dengan kata lain, SQL adalah konsumen yang kemungkinan besar ingin diajukan atau ditindaklanjuti oleh tim penjualan Anda.

SQL sesuai dengan profil pelanggan ideal Anda dan telah menyatakan banyak minat pada produk dan layanan perusahaan Anda.

BACA JUGA : 11 Strategi Iklan Facebook untuk Meningkatkan Pendapatan

Cara mengonversi prospek yang memenuhi syarat penjualan (SQL)

Untuk mengonversi SQL, Anda dapat:

  • Jangkau mereka dengan promosi penjualan
  • Jadwalkan pertemuan dengan mereka untuk membahas bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah mereka
  • Ngobrol dengan mereka tentang manfaat bermitra dengan bisnis Anda

SQL adalah salah satu jenis prospek penjualan yang paling mungkin yang akan dikonversi menjadi pelanggan setia.

6. Memasarkan prospek yang memenuhi syarat (Marketing qualified leads (MQL))

MQL adalah seseorang yang telah mengambil langkah berikutnya setelah melihat pesan pemasaran Anda, dan mereka biasanya memenuhi kriteria khusus yang ditetapkan oleh tim pemasaran Anda.

Misalnya, MQL mungkin mengklik iklan Anda di media sosial dan membaca posting blog Anda. Mereka umumnya memiliki kesadaran dasar tentang merek Anda tetapi mungkin belum siap untuk melakukan pembelian,

Cara mengonversi prospek yang memenuhi syarat pemasaran (MQL)

Anda dapat mengonversi MQL dengan:

  • Mendorong mereka untuk mendaftar email sehingga mereka dapat menerima lebih banyak informasi tentang bisnis Anda
  • Membuat konten yang menarik, seperti posting blog dan panduan, yang menunjukkan keahlian Anda
  • Menerapkan pesan pemasaran yang dipersonalisasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka

Berbagi lebih banyak informasi tentang bisnis Anda dan membuat konten bermanfaat yang memberikan solusi adalah cara terbaik untuk memelihara MQL dan mendorong mereka untuk berkonversi.

Author

Founder Tanya Digital Marketing Agency dan Founder Digitademy (Digital Marketing Academy) Kursus online yang memulai pengalaman sebagai Digital Marketing Manager dan sebagai SEO Specialist sejak 2008 dan menjadi SEO Specialist Profesional di tahun 2013 di beberapa perusahaan ternama di Bali, Jakarta dan Surabaya hingga saat ini.

Write A Comment