Iklan berbayar adalah salah satu cara paling andal untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Tetapi menjalankan kampanye iklan berbayar membutuhkan waktu dan usaha, dan mungkin sulit untuk menangani semuanya sendiri.

Itulah sebabnya, ketika Anda mencari platform iklan untuk digunakan, ada baiknya Anda menemukan platform yang dilengkapi dengan fitur pengoptimalan iklan dan otomatisasi lanjutan. Ada beberapa platform di luar sana yang menawarkan kemampuan iklan tingkat lanjut, tetapi tidak ada yang seluas Google Search Ads 360.

Apa itu Search Ads 360?

Apa itu Search Ads 360 adalah platform periklanan online yang dijalankan oleh Google. Ini memungkinkan bisnis untuk mengelola beberapa kampanye di beberapa saluran. Seperti namanya, ini paling sering digunakan untuk mengelola iklan penelusuran berbayar, meskipun dapat bekerja dengan format lain juga.

Search Ads 360 vs. Google Ads

Anda mungkin berpikir bahwa Search Ads 360 terdengar asing bagi Anda. “Hai,” Anda mungkin berkata, “bukankah itu sama saja dengan Google Ads?”

Anda tidak akan sepenuhnya salah Search Ads 360 memang memiliki fungsi yang mirip dengan Google Ads. Keduanya adalah platform iklan yang memungkinkan Anda mengelola kampanye di jaringan iklan Google.

Perbedaannya, sebagian besar turun ke skala. Google Ads adalah platform periklanan dasar Google, yang gratis untuk digunakan (walaupun ada biaya yang menyertai penawaran).

Search Ads 360, di sisi lain, adalah platform tingkat perusahaan. Anda harus membayar biaya untuk menggunakannya, tetapi biaya itu mencakup banyak fitur yang tidak dimiliki Google Ads, yang akan kita bahas nanti.

BACA JUGA : 6 Jenis Leads Penjualan dan Cara Mengkonversi Propek

Mengapa menggunakan Google Search Ads 360?

Alasan utama menggunakan SA360 sederhana: Ini dapat membantu Anda mengelola kampanye iklan online dengan lebih efektif. Anda memerlukan platform periklanan untuk menjalankan iklan Anda sama sekali, jadi jika Anda ingin beriklan melalui Google, pilihan Anda cukup terbatas.

Jika Anda tidak menggunakan SA360, Anda harus menggunakan Google Ads. Namun, sama bermanfaatnya dengan Google Ads, ada banyak hal yang dapat diperoleh dari penggunaan SA360. Muncul dengan banyak fitur tambahan yang membuatnya sepadan dengan biaya yang lebih tinggi. Fitur tersebut memungkinkan Anda membuat iklan yang lebih baik dan menampilkan iklan tersebut di lebih banyak lokasi.

Jika anggaran Anda sesuai untuk menggunakan Search Ads 360, ini tentu saja merupakan opsi yang baik untuk dipertimbangkan bagi perusahaan Anda.

Fitur Google SA360

Apa yang membuat SA360 begitu istimewa? Anda mungkin bertanya-tanya pertanyaan itu pada saat ini, dan jangan khawatir – kami di sini untuk menjawabnya untuk Anda. Berikut adalah beberapa fitur SA360 paling berguna yang disertakan dengan platform!

1. Penawaran kata kunci otomatis

Salah satu fitur paling bermanfaat yang disertakan dengan Google Search Ads 360 adalah fitur penawaran kata kunci otomatisnya. Sama seperti Google Ads, SA360 memungkinkan Anda menawar kata kunci tertentu yang ingin Anda targetkan. Tapi juga seperti Google Ads, itu tidak membuat Anda melakukan semuanya secara manual.

Anda dapat menggunakan fitur Smart Bidding Google untuk menyiapkan pedoman dasar yang Anda ingin Google ikuti, lalu biarkan Google menetapkan bid untuk Anda. Itu membebaskan Anda untuk menghabiskan waktu pada hal-hal lain sambil tetap menghasilkan pendapatan melalui iklan Anda.

Tentu saja, Anda tidak perlu menggunakan penawaran otomatis — Anda dapat menangani semuanya secara manual jika itu yang ingin Anda lakukan!

2. Kemampuan pencarian multisaluran

Fitur SA360 terbaik lainnya adalah iklan pencarian omnichannel. Apa artinya ini? Artinya, tidak seperti Google Ads, SA360 tidak terbatas secara eksklusif pada jaringan iklan Google — ini juga dapat membantu Anda beriklan di saluran lain sepenuhnya.

Misalnya, mungkin Anda ingin menjalankan kampanye melalui Microsoft Ads dan juga melalui Google. Anda dapat mengelola kedua saluran kampanye tersebut melalui SA360, bersama dengan saluran lainnya. Itu berarti Anda dapat memusatkan semua upaya periklanan berbayar Anda di satu tempat.

BACA JUGA : Konsultasi Google Ads: Mengapa Menyewa Konsultan Google Ads?

3. Manajemen tampilan dan iklan video

Terlepas dari namanya, Search Ads 360 tidak hanya memungkinkan Anda membuat iklan penelusuran berbayar. Anda juga dapat menggunakannya untuk meluncurkan dan mengelola iklan bergambar dan iklan video, sama seperti di platform Google Ads.

Iklan bergambar adalah iklan visual yang biasanya muncul sebagai kotak atau batang di margin situs web pihak ketiga.

Sementara itu, iklan video paling sering muncul sebelum video lain di YouTube.

Google Search Ads 360 dapat membantu Anda membuat, meluncurkan, dan mengelola kedua jenis iklan ini. Anda dapat menjalankannya di situs web yang berbeda dan di berbagai saluran, semuanya sambil menanganinya dari lokasi pusat yang sama.

4. Pengujian salinan iklan (Ad Copy)

Saat Anda menjalankan iklan, Anda tidak bisa hanya meluncurkannya dan mengharapkan semua orang mengkliknya. Anda perlu menyertakan salinan iklan yang menarik yang menarik orang dan memberi mereka insentif untuk mengklik. Untuk itu, Anda ingin menguji salinan iklan yang berbeda di seluruh iklan Anda untuk melihat mana yang paling berhasil.

Untungnya, Search Ads 360 memungkinkan Anda melakukan ini tanpa masalah. Daripada memaksa Anda untuk mengubah setiap iklan secara manual kapan pun Anda ingin menguji salinan baru, ia menawarkan fitur yang memungkinkan Anda menyimpan salinan iklan yang berbeda langsung di platform dan menukarnya dengan mudah.

Itu berarti Anda dapat dengan cepat dan efektif menguji A/B salinan iklan Anda untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menghasilkan klik terbanyak dan meningkatkan pendapatan Anda.

5. Analisis tingkat Enterprise

Akhirnya, tidak ada kampanye iklan yang lengkap tanpa analitik. Analytics adalah kunci untuk meningkatkan pemasaran Anda dari waktu ke waktu tanpanya, Anda tidak akan pernah dapat melihat bagaimana kinerja kampanye Anda atau bagaimana Anda dapat membuatnya lebih baik.

Untungnya, SA360 memudahkan untuk melihat metrik kampanye Anda. Ini memberi Anda hasil secara real time sehingga Anda dapat melihat bagaimana kinerja iklan Anda saat ini, bukan bagaimana kinerjanya seminggu yang lalu.

Anda juga dapat melihat saluran, situs, penelusuran, dan iklan mana yang mendorong hasil.

Author

Founder Tanya Digital Marketing Agency dan Founder Digitademy (Digital Marketing Academy) Kursus online yang memulai pengalaman sebagai Digital Marketing Manager dan sebagai SEO Specialist sejak 2008 dan menjadi SEO Specialist Profesional di tahun 2013 di beberapa perusahaan ternama di Bali, Jakarta dan Surabaya hingga saat ini.

Write A Comment